Photobucket
 

Rabu, 27 Juni 2012

Adakah Piramida di Situs Megalitikum Gunung Padang?

0 komentar
Peneliti memperkirakan adanya bangunan piramida di bawah Situs Megalitikum Gunung Padang (© TEMPO/ Adi Prasetyo)
Minggu 24 Juni 2012 Tim Peneliti LIPI mengumumkan sebuah temuan yang mengegegerkan. Berdasarkan hasil pencitraan menggunakan alat Georadar, Geolistrik, dan Geomagnet, mereka menemukan sebuah bangunan berbentukpiramida yang tersimpan di bawah situs megalitikum terbesar di Indonesia, yakni Situs Gunung Padang di Desa Giri Mukti Cianjur Jawa Barat.
Dari pencitraan bawah tanah itu, mereka menemukan bangunan dari tumpukan batu, tertata rapi, yang terpendam di kedalaman sekitar 20 meter. Menurut pakar geologi LIPI yang turut dalam tim, Dr Danny Hilman Natawidjaja, bangunan tersebut seperti memiliki ruangan-ruangan.
Arkeolog yang turut meneliti, Ali Akbar, bahkan memastikan bahwa struktur yang terpendam di bawah permukaan tanah, di situs Gunung Padang itu, sangat luas, yakni hingga 15 hektare, bukan hanya 4000 meter persegi seperti yang diduga selama ini.Uji karbon yang dilakukan di lokasi itu, memperkirakan usia situs yang berkisar antara 2.500 SM-10.000 SM. Diperkirakan, butuh penelitian yang sangat panjang yakni antara 10-20 tahun untuk mengungkap bangunan itu. Berikut ini foto-foto situs megalitikum Gunung Padang Cianjur Jawa Barat.

0 komentar:

Posting Komentar